Lompat ke isi utama

Berita

Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Kudus Sosialisasikan Produk Hukum tentang Netralitas TNI dan Polri

25 Januari 2024 Sukseskan Pemilu 2024, Bawaslu Kudus Sosialisasikan Produk Hukum tentang Netralitas TNI dan Polri

Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan saat sambutan pembukaan dalam kegiatan sosialisasi peraturan Bawaslu dan produk hukum Non Perbawaslu dengan tema “Ketentuan Netralitas TNI dan POLRI dalam Pemilu 2024”

Bawaslu Kudus News - Bawaslu Kudus melaksanakan kegiatan sosialisasi peraturan Bawaslu dan produk hukum Non Perbawaslu dengan tema “Ketentuan Netralitas TNI dan POLRI dalam Pemilu 2024” di Hotel @Hom Kudus. Pada kegiatan kali ini turut mengundang perwakilan dari Kodim 0722 Kudus, Polres Kudus, Kapolsek se Kabupaten Kudus serta Danramil se-Kabupaten Kudus.

Ketua Bawaslu Kudus, Moh Wahibul Minan menyampaikan pada pelaksanaan pemilu 2024 di Kabupaten Kudus diharapkan tercipta situasi yang aman dan kondusif serta tidak ada pelanggaran yang terjadi. Maka dari itu, koordinasi dan komunikasi terus dilakukan oleh Bawaslu Kudus di setiap jajaran dengan Jajaran Kepolisian maupun TNI di wilayah Kabupaten Kudus. Terkait netralitas TNI dan POLRI tentu sudah diatur di ketentuan perundang-undangan dan harapannya agar dapat dipatuhi ketentuan tersebut.

“Pemilu 2024 tinggal beberapa hari lagi, kita semua berharap situasi pesta demokrasi di Kabupaten Kudus berjalan dengan aman, tertib, kondusif serta jauh dari pelanggaran. Khususnya pada saat sekarang yang sudah memasuki tahapan kampanye terbuka. Pelaksanaan kampanye terbuka yang akan diselenggarakan oleh masing-masing peserta pemilu kami harap tidak terjadi pelanggaran,” tegasnya.

Bertindak sebagai narasumber pertama, Wakapolres Kudus, Kompol Satya Adi Nugraha, menghimbau kepada setiap jajaran khususnya kepolisian agar mematuhi ketentuan perundang-undangan terkait netralitas POLRI dalam pemilu 2024. Tak hanya itu, Polri sebagai pelayan dan pengayom masyarakat harus melaksanakan tugas dan kewajibannya.

“Kepada setiap jajaran kami harap di Pemilu 2024, pelaksanaan pengamanan di seluruh wilayah Kabupaten Kudus dapat berjalan dengan baik. Antisipasi adanya pelanggaran dalam situasi sekarang tentu harus ditingkatkan di setiap jajaran,” tuturnya.

Sementara itu, narasumber kedua, Kasdim 0722/Kudus, Mayor Novari Prasetyo Wibowo menyampaikan materi tentang netralitas TNI pada pemilu 2024. Beberapa poin penting netralitas TNI diantaranya tidak memihak dan tidak memberikan dukungan kepada Partai Politik maupun Pasangan Calon serta tidak melibatkan diri dalam kegiatan politik praktis.

“Kami jajaran TNI khususnya di Kabupaten Kudus tentu menjunjung tinggi netralitas dalam pemilu 2024, kami tegaskan kepada prajurit agar mematuhi undang-undang. Kami juga berkoordinasi dengan kepolisian khususnya terkait keamanan dan ketertiban guna menciptakan Kudus yang aman dan kondusif,” tegasnya. [*]

Penulis: Syafaq
Foto: Rosid
Editor: Tim Humas Bawaslu Kudus