Lompat ke isi utama

Berita

Pengawasan Penerimaan Logistik, Septy: Pastikan Pelaksanaannya Sesuai Ketentuan

Pengawasan Penerimaan Logistik, Septy: Pastikan Pelaksanaannya Sesuai Ketentuan

Bawaslu Kudus News – Bawaslu Kudus melakukan pengawasan penerimaan dan pengecekan logistik tinta pemilu tahun 2024 di Gudang Kapas PTPN IX Kabupaten Kudus, Minggu (29/10/2023). Pengawasan ini dilakukan oleh Koordinator Divisi SDM, Organisasi, dan Diklat Bawaslu Kudus, Septyandra Trisnasari.

“Pengawasan ini kita lakukan untuk memastikan bahwa logistik berupa tinta pemilu sesuai dengan aturan yang berlaku baik dari sisi jumlah serta jenis apa saja yang dibutuhkan,” ungkap Septyandra Trisnasari yang akrab disapa Septy.

KPU Kudus menerima tinta pemilu dari Cikarang yaitu dari PT. Sinar Abadi Printindo sebanyak 105 kardus dengan rincian 104 kardus masing masing berisi 50 pcs botol tinta dan 1 kardus berisi 46 pcs botol tinta.

“Total tinta yang datang sejumlah 5.246 botol sesuai dengan jumlah yang akan didistribusikan ke  2.623 TPS se-Kabupaten Kudus, dimana masing masing TPS memperoleh 2 botol tinta, dan sebagai cadangan terdapat 10 pcs botol tinta” jelas Septy.

Setelah dilakukan pengecekkan di tiap kardus tinta, terdapat 6 pcs botol tinta yang bocor, selanjutnya untuk melengkapi jumlah yang dibutuhkan maka dilakukan penukaran tinta yang bocor dengan tinta cadangan, sehingga tinta cadangan yang awalnya 10 pcs botol  menjadi 4 pcs botol tinta.

Selain itu, Septy juga memastikan kesiapan logistik dari mulai kesiapan gudang yang aman dan representatif sampai dengan surat suara dan perlengkapan lainnya, sehingga dapat didistribusikan ke masing masing TPS se-Kabupaten Kudus.

Ia juga meminta agar Bawaslu dan KPU senantiasa bersinergi dan berkoordinasi dalam tahapan logistik ini.

Perlu diketahui, pengawasan ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan terhadap terjadinya kerawanan dari segi pengadaan logistik dimana logistik merupakan alat untuk konversi suara yang mempuyai peran sentral dan strategis sebagai salah satu aspek yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemilu.

 

Penulis: Desi
Foto: Slamet
Editor: Tim Humas Bawaslu Kudus