Lompat ke isi utama

Berita

Kapolres Dan Dandim 0722 Kudus Prakarsai Deklarasi Damai Paska Pemungutan Suara

Kapolres Dan Dandim 0722 Kudus Prakarsai Deklarasi Damai Paska Pemungutan Suara

(Bawaslu Kudus News) Berkembangnya pemberitaan di media sosial terkait klaim kemenangan para peserta pemilu 2019 membuat kesimpangsiuran informasi ditengah-tengah masyarakat. Hal ini memantik para pimpinan daerah di Kabupaten Kudus untuk mengambill sikap dengan menggelar acara silaturahim antar semua eleman dan deklarasi damai paska pemungutan suara pada Pemilu 2019 yang dilaksanakan 17 April 2019 kemarin.

Kegiatan digelar hari ini, Jumat (26/4/2019), bertempat di aula Pendopo Kabupaten Kudus. Tujuannya adalah untuk menciptakan pemilu yang aman, damai dan sejuk serta menjaga kondusifitas wilayah di Kudus. Pemrakarsa kegiatan adalah Kapolres Kudus, AKBP Saptono, S.I.K., M.H. dan Dandim 0722 Kudus, Letkol. Inf. Sentot Dwi Purnomo.

Semua eleman hadir dalam acara ini, mulai dari Bupati Kudus, Wakil Bupati Kudus, Kapolres Kudus, Dandim 0722 Kudus, Kepala Kejari Kudus, Kepala PN Kudus, Ketua DPRD Kudus, Parpol Peserta Pemilu 2019, Ketua MUI, KPU Kudus dan Bawaslu Kudus serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Kudus, M. Tamzil mengajak kepada semua masyarakat di Kudus untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban paska pemilu. “Kami mengajak semua masyarakat di Kudus untuk menjaga keamanan dan ketertiban paska penghitungan suara Pemilu 2019,” ujar Bupati Kudus, dihadapan peserta silaturahim. Orang nomor satu di Kudus ini juga berpesan agar yang menang dalam kontestasi pemilu jangan umuk, yang kalah jangan ngamuk. Ia juga meminta seluruh peserta pemilu untuk menahan diri sampai pengumuman resmi dari KPU keluar.

Gelaran pemilu kali ini memang sungguh menguras energi dan fikiran, bahkan ada beberapa penyelenggara maupun petugas aparatur keamanan tumbang karena faktor kecapekan hingga  mengalami sakit, dan bahkan ada yang meninggal dunia. Untuk itu, Bupati Kudus memberikan apresiasi kepada seluruh komponen yang telah ikut berpartisipasi atas suksesnya penyelenggaraan pemilu 2019 di Kudus.  Selaku kepala daerah, Bupati Kudus juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran TNI dan Polri yang telah mengamankan jalannya pelaksanaan Pemilu 2019.

“Kami memberikan apresiasi lebih kepada KPU Kudus dan Bawaslu Kudus serta jajarannya yang telah mendedikasikan tenaga dan fikirannya demi sukses Pemilu 2019.” Ujarnya.

Setelah acara silaturahim usai, peserta membacakan ikrar deklarasi damai. Dalam kesempatan ini, Suparno, salah satu perwakilan peserta pemilu didapuk untuk membacakan ikrar yang kemudian diikuti oleh seluruh peserta yang hadir. Inti deklarasi adalah bahwa mereka semua bersepakat untuk menunggu hasil pemilu secara resmi yang dikeluarkan oleh KPU.

Adapun isi deklarasi adalah sebagai berikut: “Kami Seluruh Elemen Masyarakat Kabupaten Kudus dengan Ini Sepakat Untuk Menunggu dan Menerima Keputusan KPU dengan Tertib untuk Menjaga Kabupaten Kudus, Demi Kudus yang Aman, Damai dan Sejuk serta Indonesia yang Kondusif.”

 

(Tim Humas Bawaslu Kabupaten Kudus)