Lompat ke isi utama

Berita

Inginkan Pemilihan Inklusif, Bawaslu Kudus Rangkul Wong Sikep Samin

Inginkan Pemilihan Inklusif, Bawaslu Kudus Rangkul Wong Sikep Samin

Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada Masyarakat Marginal bertempat di Desa Larikrejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus pada Sabtu (4/5/2024).

Bawaslu Kudus News - Bawaslu Kudus menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif kepada Masyarakat Marginal bertempat di Desa Larikrejo Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus pada Sabtu (4/5/2024).

Sasaran kegiatan ini adalah Masyarakat Penghayat Kepercayaan "Wong Sikep Samin" yang bertempat tinggal di daerah tersebut. Acara yang diadakan di Sekretariat Penghayat Kepercayaan "Wong Sikep Samin dihadiri sekitar 60 orang.

Keunikan tradisi dan budaya dari masyarakat Samin serta demi mewujudkan berlangsungnya pemilihan inklusif di tahun 2024, menjadi alasan utama Bawaslu Kudus melaksanakan kegiatan ini. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas, dan Humas Bawaslu Kudus, Naily Faila Saufa saat memberikan sosialisasi.

"Mengapa ? Karena daerah ini memiliki ciri khas tersendiri, sehingga kami lakukan sosialisasi ke daerah ini," tutur Naily.

Naily juga turut mengajak Masyarakat Penghayat Kepercayaan "Wong Sikep Samin" untuk memberikan hak suaranya pada Pemilihan yang akan digelar November 2024.

"Kami harapkan, Bapak Ibu nanti dapat  memberikan hak suaranya sesuai dengan hati nurani pada Pemilihan di November mendatang. Dan juga ketika menemukan hal yang tidak sesuai/pelanggaran dapat dilaporkan ke Bawaslu,"

Naily juga mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan ini akan tercipta momen akrab antara Bawaslu dan masyarakat setempat.

"Bawaslu Kudus seduluran (bersaudara) dengan Wong Sikep Samin. Mari bahu membahu menjaga demokrasi di negara kita sendiri,” ujar Naily.

Sementara itu, Ketua Penghayat Kepercayaan "Wong Sikep Samin", Budi Santoso menyambut baik adanya sosialisasi ini yang melibatkan Wong Sikep Samin.

"Pada dasarnya kami sangat berterima kasih atas kegiatan ini yang dilakukan oleh Bawaslu Kudus di tempat kami," ucap Budi. [*]

Penulis: Desi
Foto: Rosid
Editor: Tim Humas Bawaslu Kudus